ANTARA AKU, PAK HEPPY TRENGGONO, OME dan POTAYO

Kawan, aku ingin menceritakan pada kalian sesuatu yang –menurutku- luar biasa.

UNDIP, 4 Mei tahun lalu ada kejadian hebat, seminar nasional oleh Ir Heppy Trenggono M.Kom, sang milyarder itu. Suatu malam yang hebat, saya –dan ratusan mahasiswa- lainnya ketika itu, diajari membuat Dreamboard (papan impian). Sangat sederhana. Kami hanya diberi kertas karton lebar, kosong. Kemudian kami yang sudah bawa ‘majalah apapun’ dari rumah diminta mencari-cari gambar dalam majalah itu, mengguntingnya dan menempelnya di kertas karton tadi. Di dekat gambar itu, kami diminta menuliskan sesuatu dengan format kalimat “PADA TAHUN (bla..bla..bla) SAYA TELAH (bla..bla..bla)”. Misal, kita punya gambar pesawat, kita bisa saja menulis di samping gambar itu, “PADA TAHUN 2015 SAYA TELAH BELI PESAWAT TERBANG!” Itulah model pembuatan Dreamboard.

Dua teman karib saya, bahkan ada yang menggunting gambar wanita berkerudung kemudian menuliskan kapan dia akan ‘telah’ menikah (saya punya foto dreambord 2 teman saya tadi, mau lihat? :D). Nasib saya sedang kurang beruntung, di majalah yang saya bawa tidak ada gambar wanita berkerudungnya je, soalnya saya bawa majalah bahasa inggris dari LIA, majalah remaja.

Saya menemukan sebuah gambar kecil menarik, saya potong, saya tempel, disampingnya saya menulis, “Tahun 2016, Insya Allah saya telah menjadi penulis buku best seller. ALLAHU AKBAR!!”

Kawan, kemarin, 25 Mei 2010 saya kan dolan tu ke toko buku Togamas, yang ada diskonnya (kata Ustadz Salim, beliau dan istrinya menjadikan toko buku sebagai tempat favorit buat jalan-jalan. Jadi saya ya ikut-ikutan dah). Saya lihat-lihat buku, cuma LIHAT-LIHAT lho. Dan ada niat juga sih untuk beli. Saya mau beli buku EDENSOR, buku ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi, habisnya saya penasaran setelah 2 kali mengkhatamkan SANG PEMIMPI dari buku pinjaman🙂

Ternyata di Togamas habis stoknya, jadi saya meluncur ke Gramedia. Akhirnya, cling! Dapat dah bukunya. Rp 44.500, lumayan mahal ternyata. Duit segitu nek dibelikan es dawet bisa buat berendam tuh.

Kira-kira adzan asar berkumandang syahdu, saya mendapat telepon dari seorang wanita misterius, Kawan. Tahukah kalian siapa wanita itu? Aku juga tidak tahu!😀

Dan, tahukah kalian apa yang dikatakan wanita itu di ujung telepon sana??

Intinya begini, Kawan. Wanita itu bilang, “MAS, NASKAH BUKU ANDA AKAN KAMI TERBITKAN!!”

Masya Allah!!!

Kawan, tahukah kalian rasanya? Mungkin sama seperti Andrea Hirata saat ditelepon Bentang Pustaka dan bilang, “Mr Hirata, Laskar Pelangi akan kami terbitkan!”

Benar, Kawan. Impian itu dipercepat 6 tahun! Impian yang awalnya tidak sengaja karena melihat potongan gambar cover buku.

Walaupun belum tentu best seller, tapi setidaknya langkah awal itu sudah dimulai sekarang.

Dan, yang paling menarik dari semua itu, kuberitahukan pada kalian, sesuatu yang luar biasa, gambar cover buku dalam dreamboard-ku itu, kalian tahu?? Itu adalah cover buku EDENSOR!! Buku yang kubeli kemarin. SUBHANALLAH! Ini bukan sebuah kebetulan, ini semua sudah tertulis di PRASASTI SUCI LAUHUL MAHFUDZ. Hari dimana aku membeli buku yang covernya kutempel di Dreamboard setahun lalu tepat saat aku mendapat kabar bahwa naskah tulisanku akan diterbitkan.

Kawan, Allah sudah tidak sabar mewujudkan impian-impian kita. Jangan halangi DIA untuk menjadikan impian kita nyata dengan perbuatan tidak baik yang kita lakukan, sikap dan prasangka buruk yang kita tampakkan.

Kawan, sesungguhnya, Allah meniupkan mimpi-mimpi yang besar dan mulia di hati kita agar kita gelisah dan gusar dengan dengan belum sesuainya kemampuan kita untuk mencapai impian yang besar dan mulia itu.

Bermimpilah.

Berusahalah.

Biarkan Kun Fayakun-Nya bekerja.

Dan tunggulah ia menjadi NYATA, Kawan!

========================

Nah kembali ke Pak Heppy…

Ini adalah salah satu hasil searching sebagai bagian dari tugas panitia One Month Entrepreneurs..hehe

Heppy Trenggono adalah Pengusaha Sukses, founder & CEO United Balimuda Group, sebuah perusahaan multinasional yang menjalankan usaha dengan konsep dan landasan Syariah.  Beliau adalah salah seorang pengusaha yang profilnya dimuat di buku terbitan Gramedia Pengusaha yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol, Presiden Direktur dari Bali Muda Corporation, perusahaan yang mempunyai beberapa perusahaan Kelapa Sawit, persewaaan alat-alat berat dan sekarang membuka perusahaan Happy Food di bidang Consumer Goods. Dan salah satu produknya bernama Potayo, bubur kentang instan. Biasanya sering dipakai buat acara The Real Life Game saat seminar.

Tanggal 10 Maret kemaren Pak Heppy datang ke Semarang untuk sharing dengan para pebisnis dengan tema “How to get What You Want and Reach Your Dream”
Banyak inspirasi dan motivasi yang peserta dapatkan selama sehari penuh, Pak Heppy mensharingkan bagaimana dia berhasil bangkit dari kerugian 18 Milyar sampai sekarang berhasil menjadikan perusahaannya beraset triliyunan. Semangat berbaginya kepada orang lain, sikapnya yang sepenuh hati kepada setiap orang yang ditemuinya, serta semangat optimis dan pembelajarnya yang luar biasa tinggi.

“Berbisnis capek, kalau hanya cari duit. Kalau hanya cari duit, tidak ada nilai dakwah atau amal sholehnya mending di rumah aja”

“Kalau kerja adalah Ibadah, maka Prestasi adalah dakwah”

“Berikan sesuatu dengan sepenuh Hati. Give 100%”

“Tuhan hanya memberikan apa yang BENAR-BENAR Anda Inginkan”

”Think BIG, Start Small, GROW FAST”

Luar biasa Banyak sekali inspirasi yang didapatkan pada hari itu.

Sangat Inspiring..Motivating…Educating..!!!

“Kita bisa sukses asal apa yang diinginkan JELAS”

Sebagai pengusaha muslim yang telah sukses, Pak Heppy ingin bisa memberikan inspirasi dan bimbingan bagi pengusaha pemula yang memiliki minat menjalankan bisnis syariah yang telah dipraktekkannya. Keahliannya dalam bisnis di dapatkan dari pengalaman lapangan dan bimbingan dari Keith Cuningham, seorang business coach dari Amerika, yang juga menjadi “Rich Dade”nya Robert T Kiyosaki. Setiap 6 bulan sekali Pak Heppy mengunjungi Keith untuk belajar dan sharing.

===================================================

Nah sekarang sekilas tentang One Month Entrepreneurs (OME)

(Wah artikel-e ora sistematis! Ora urut, tapi rapopo :D)

One Month Entrepreneurs adalah sebuah program yang didesain untuk mencetak generasi unggul yang mampu membangun kekuatan ekonomi usaha. Peserta yang terpilih untuk mengikuti program ini akan dibimbing, dilatih dan dibekali dengan berbagai keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur. Dalam satu bulan para peserta tersebut akan dibimbing untuk melakukan usaha yang sesungguhnya dan menghasilkan uang dari usahanya.

Kira-kira ada 340 orang mengikuti seleksi penerimaan peserta One Month Entrepeneur (OME) di kantor IIBF Jawa Tengah, Jl. Simongan Raya 69 Semarang, Jawa Tengah. Calon peserta ini didominasi oleh kalangan mahasiswa dari perbagai perguruan tinggi di Semarang, Solo, Salatiga, Kendal, Demak dan Pekalongan. Ada juga peserta dari kalangan dosen, pegawai dan pebisnis pemula.

Pendaftaran hanya  dibuka selama 2 minggu dari tanggal 1 – 15 Juni 2010. Dan Panitia akan menyeleksi untuk mendapatkan 20 kelompok. Tiap kelompok beranggotakan lima orang. Pengumuman untuk tim yang lolos dapat dilihat di website IIBF (www.iibf-indonesia.com) dan pemberitahuan langsung kepada yang bersangkutan.

Bagi tim yang lolos akan dikenakan biaya sebesar Rp.100 ribu/orang. Setelah itu mereka mengikuti entreprenial training dari coach IIBF sebelum menjalankan program ini. Selama mejalankan program ini para peserta akan didampingi oleh IIBF Ambassador, yakni para pengusaha pemula yang telah mendapatkan Business Training dan sertifikasi IIBF.

Acara yang digagas oleh presiden IIBF, Heppy Trenggono ini rencananya akan diadakan di setiap kota besar. Sebagai bagian dari upaya IIBF untuk mencetak sejuta pengusaha Indonesia yang kuat tahun 2020.

Ada beberapa tugas yang harus diselesaikan oleh para peserta pendaftar OME, yaitu :

1.  Membuat makalah bisnis, format word 5 – 10 halaman dengan ketentuan sebagai berikut:

a.    Halaman Judul

–       Nama Kelompok

–       Nama Anggota Kelompok

b.   Halaman Isi

–       Pribadi Sukses : Seperti apa pribadi sukses dan kiat-kiat menjadi pribadi sukses.

–       Bisnis : Pengertian anda tentang bisnis, sebutkan contoh dan bagaimana memulai sebuah bisnis.

–       Sukses Menjual : Bagaimana kiat-kiat sukses menjual.

–       Kerjasama team.

–       Presentasi dikirim ke panitia seleksi melalui email omeiibf@yahoo.com atau diserahkan ke Kantor IIBF Semarang Jl. Simongan Raya No. 69 Semarang selambat-lambatnya tanggal 10 Juli 2010.

  1. Melakukan yel-yel kelompok dengan direkam video selama 1 (satu) menit dan diserahkan ke Kantor IIBF Semarang Jl. Simongan Raya No. 69 Semarang selambat-lambatnya tanggal 10 Juli 2010 dalam bentuk CD. (dan yang ini paling sulit Bro!)

3.  Menulis tentang One Month Entrepreneurs dan IIBF di blog-blog pribadi (lha ini yang sedang kulakukan..hehehe)

4.  Pengumuman seleksi akan dilakukan tanggal 14 Juli 2010 dan dapat dilihat di Kantor IIBF Semarang Jl. Simongan Raya No. 69 Semarang dan website http://www.iibf-indonesia.com.

Setelah menulis ini, aku berharap semoga tim-ku lolos!

DIRIMU ADALAH APA YANG KAMU PIKIRKAN!!!

Hidup METAMORPHOSA!!!

(itu nama tim-ku Kawan :D)

11 Responses to ANTARA AKU, PAK HEPPY TRENGGONO, OME dan POTAYO

  1. ermaynee says:

    Full semangat ^_^

    semoga Allah memberikan segala hal yg terbaik untuk kita. suatu mimpi dan harapan yang disertai ihktyar penuh serta niatan yg benar dan do’a.

  2. suliwe says:

    Betul Dek, TETAP SEMANGAT!
    “Orang akan menjadi apa yang dia pikirkan” ^.^

  3. Cece YS says:

    Keren Bro ! Saksesberkah yah

  4. idrus says:

    man jadda wa jadda. siapa bersungguh – suungguh pasti ia akan berhasil

  5. bobsudani says:

    thanks for these best inpeirations. i want too

  6. noor chasanah says:

    shiip mas, kita seperjuangan menuju ridhoNya

  7. usy says:

    masya alloh,aku terharu bacanya.jd trmotivasi.trus klanjutannya gmn,pnasaran.skrg apa kbrnya tim metamorphosa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: