Mengapa antum bermanhaj Tarbiyah?

Nah ini nih yang ditunggu-tunggu..

Judul diatas saya tulis berawal setelah saya merenungi sabda Rasulku, “Umatku nanti akan terpecah jadi 73  golongan, 72 masuk neraka dan hanya 1 yang selamat, mereka adalah yang berpegang pada Qur’an dan Sunnah”. Timbul pertanyaan dalam hatiku,”Siapakah 1 golongan itu?” Realita sekarang tak rasa-rasa kok banyak golongan ya..entah mereka itu Salafy, Tarbiyah, Jamaah Tabligh, Ansharut Tauhid, MTA dll..Wallahu a’lam apakah itu termasuk golongan yang dimaksud beliau apa bukan..Ya Rasulullah andai kau masih hidup di dunia ini, Suly ingin bertanya langsung padamu..Andai kau masih hidup, ingin sekali ku memelukmu erat-erat..

Beberapa hari yang lalu baca blog gitu, kok isinya golongan yang satu menjelek2kan yang lain ya..ya bid’ah lah, ya haram lah, ya ikut-ikutan orang kafir lah..de el el..kok bisa-bisanya kayak gitu..!! Kan sama-sama ISLAM, kenapa harus terjadi kayak gitu?? Ya ALLAH berilah hamba petunjukMu..

Nah sekarang pengen ngrasani salah satu manhaj nih..hehe gapapa ya.. Dan saya rasa ga ada salahnya ngomongin manhaj..!

Kemarin chatting ama saudaraku yang di Jogja sana,

baru wisuda tuh dan mau ngalamar kerja di Bank Syariah Semarang katanya..moga diterima deh Bang.. Dan sepertinya kebelet mau nikah tuh..hehe (ama sapa bang? sama ‘dia’ ya..hayo ngaku..hehe). Abangku orang tarbiyah tuh..tak tanya, “Kenapa antum bermanhaj Tarbiyah?” Dia pun jawab (kurang lebih ni), “Karena di Tarbiyah aku dididik untuk menjadi orang baik..diajari bahwa islam itu luas, bisa diterapkan di semua aspek kehidupan..”(termasuk politik ya bang). Tapi habis tu ngobrolnya ngalor ngidul gitu sih..

Lalu tak tanya, “Apa ikhwan tarbiyah harus nikah ama akhwat tarbiyah?” Dia bilang, “Secara nalar, iya. Biar 1 pikiran”. “Sefikroh. Itu juga yang dibilangin ama pak bos tuh”, tambahku. Iyo bener bang, yang jelas satu pesanku untukmu bang..dan ini HARUS antum pegang sebagai pedoman sebelum nikah..pokoknya antum GA BOLEH MENIKAH dengan IKHWAN tarbiyah..itu hombreng namanya..!!hehe

Nah, sekarang kalo kalian ditanya, “Mengapa antum bermanhaj Tarbiyah?” apa jawab kalian?

Allahu a’lam.

5 Responses to Mengapa antum bermanhaj Tarbiyah?

  1. ita says:

    Asw kang..
    ketahuan ya kemarin beli majalah nikah. UHuk..uhuk…

    Yes menjadi orang yang pertama koment!
    pengin jawab ah:

    ” Tarbiyah bukan segala-galanya tetapi segala-galanya bisa kita capai dengan tarbiyah”

    leres to?
    afwan

  2. cuma comment says:

    bukane salafy, tarbiyah dll..itu cuma hanya sejenis organisasi to..apapun organisasiny saat kita berdasar pada Al.Quran dan As.sunnah berarti kita adlh bermanhaj salafusshaleh..kalo terbiyah.. dll itu kan cm metode..

  3. X + Y = Z, Z = 56 says:

    Bisa disertakan dalil mas ? Ke alamat email ku disono tuh… . Pun demikian, bukannya ane ragu ama keterangan ente. Kan, kita adalah muslim yang BERMANHAJ atas Al-Qur’an DAN Sunnah. So, dalilnya doong !!!
    Dan tolong ane diberitahu nomor ente yang aktif ya.. .
    (Semoga blognya tambah rame karena ane nambah comment)

  4. akh sartono says:

    la islam illa bil jama’ah,
    la jama’ah illa bil qiyadah,
    la qiyadah illa bith tho’ah,

    klo aku ngelihatnya dari sudut kejama’ahannya. Apakah ukhuwah didalamnya benar2 terasa, Apakah dalam ukhuwah mereka ada amal jama’i yang jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: